Asam urat adalah zat hasil metabolisme purin dalam tubuh. Zat asam urat ini biasanya akan dikuluarkan oleh ginjal melalui urine dalam kondisi normal. Namun dalam kondisi tertentu, ginjal tidak mampu mengeluarkan zat asam urat secara seimbang sehingga terjadi kelebihan dalam darah. Kelebihan zat asam urat ini akhirnya menumpuk dan tertimbun pada persendian-persendian dan tempat-lainnya termasuk di ginjal itu sendiri dalam bentuk kristal-kristal.

Penumpukan kristal-kristal asam urat pada persendian inilah yang akhirnya menyebabkan persendian menjadi nyeri dan bengkak atau meradang. Adapun penumpukan kristal-kristal asam urat pada ginjal akan menyebabkan terjadinya batu ginjal.

Ketidakmampuan ginjal didalam mengeluarkan zat asam urat dalam darah diantaranya disebabkan ginjal itu sendiri yang lagi bermasalah atau dengan kata lain ginjal yang kurang sehat. Ginjal yang sehat atau normal akan mampu mengeluarkan zat-zat yang tidak berguna dalam darah termasuk zat asam urat bersama urine. Walaupun kita mengkonsumi makanan-makanan yang banyak mengandung zat purin, insya Allah tidak akan banyak masalah apabila kondisi ginjal kita sehat dan normal.

Oleh karena itulah, bagi Anda yang lagi menderita penyakit asam urathendaknya tidak lupa untuk melakukan perawatan yang intensif terhadap ginjal Anda. Segala bentuk upaya yang Anda lakukan untuk mengurangi kadar asam urat akan menjadi sia-sia apabila ginjal Anda masih dalam kondisi tidak fit alias bermasalah. Jadi upaya untuk menyehatkan ginjal harus dilakukan secara bersamaan dengan upaya menurunkan asam urat. Kalau tidak demikian, maka saya tegaskan sekali lagi bahwa upaya anda menurunkan zat asam urat akan sia-sia bila ginjal anda tidak mendapat penanganan yang serius.

Mengenal Asam Urat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *